Kamis, 31 Mei 2012

Sepatu Emas

Sepatu emas merupakan penghargaan untuk para pemain bola yang mencetak gol terbanyak sepanjang musim pertandingan. Berikut beberapa pemain yang pernah mendapatkan Sepatu Emas.



Miroslav Klose pemain kelahiran Opole, Jerman. Pada tanggal 09 Juni 1978 bergabung di Timnas Jerman. Dan pada ajang Piala Dunia tahun 2006 ia dinobatkan sebagai pemain paling haus gol dengan penghargaan Sepatu Emas. Prestasi ini menguatkan posisinya sebagai penyerang yang tajam di tubir gawang ketika bersama tim Panser. Miroslav Klose memperkuat tim nasional Jerman sejak Maret 2001. Ia sempat menjadi top skorer nomor dua di Piala Dunia FIFA dengan 14 gol. Ketika Piala Dunia FIFA 2002 berlangsung, Klose mencetak lima gol, semuanya dengan sundulan. Jumlah yang sama juga ia buat untuk timnas Jerman pada putaran Piala Dunia 2006, Saat Piala Dunia 2010, ia berhasil mencetak empat gol. Hingga bulan November 2011, Klose telah mencetak 63 gol dari 113 kali penampilan untuk timnas Jerman.






Francesco Totti "Sang Pangeran Roma" pernah mendapatkan sepatu emas pada musin 2006/2007 dengan mencetak gol di seri A. Totti merupakan pemain Italia kedua yang mendapatkannya setelah Luca Toni pada musim sebelumnya. Totti melakukan debutnya bersama Roma pada tahun 1993 dan saat digaji 5,8 juta euro per musim atau merupakan yang tertinggi di antara pemain AS Roma lainnya.









Ronaldinho meraih anugerah sepatu emas 2009 dengan menguburkan impian pemain-pemain beken lainnya yang masuk nominasi. Sepatu emas ini diberikan kepada Dinho sebagai penghargaan atas kesuksesan pemain berusia 29 tahun itu selama beberapa tahun ke belakang bersama timnya.

Untuk menobatkan diri sebagai peraih sepatu emas 2009, Dinho menggeser nominasi lainnya. Di antaranta Gianluigi Buffon (Italia), Luis Figo (Portugal) Steven Gerrard (Inggris), Ryan Giggs (Wales), Thierry Henry (Prancis), Raul Gonzalez Blanco (Spanyol), Francesco Totti (Italia), David Beckham (Inggris) dan David Trezeguet (Prancis).

Sepatu emas ini diberikan kepada Dinho sebagai penghargaan atas kesuksesannya selama beberapa tahun ke belakang bersama timnya. Dinho yang dalam musim ini tampil kurang mengesankan di AC Milan, membuat walk of fame dari cetakan kakinya saat penyerahan sepatu emas itu. Walk of fame ini pernah dilakukan Alessandro Del Piero dan Ronaldo.





Robin van Persie meraih penghargaan Sepatu Emas Liga Inggris musim 2011-12, mengalahkan Wayne Rooney dan Sergio Aguero. Pemain berusia 28 tahun itu meraih penghargaan tersebut untuk pertama kalinya. Van Persie juga mendapat uang senilai Rp 390 miliar yang akan disumbangkan ke yayasan sosial.

Koleksi 30 gol yang diraih van Persie musim ini menyamai rekor yang diciptakan legenda Arsenal Thierry Henry di musim 2003-04. Penghargaan ini menjadi yang ketiga dalam beberapa pekan terakhir, sebelumnya dia meraih gelar pemain terbaik versi PFA dan jurnalis Inggris. Pemain Belanda itu menjadi kunci kesuksesan the Gunners musim ini, mencetak beberapa gol penting dan membawa klub lolos ke Liga Champions musim depan.






Lionel Messi akhirnya resmi dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak di pentas Eropa musim 2011-2012. Trofi sepatu emas pun digondol pulang megabintang Barcelona untuk kali kedua. Messi tampil brilian sepanjang musim ini.

Kendati gagal membawa Barcelona mempertahankan trofi La Liga dan Liga Champions, namun ketajaman Messi di muka gawang tak kalah dari musim lalu. Bahkan, di musim ini Messi justru lebih tajam.

Pada 2009-2010, saat merebut sepatu emas pertamanya, Messi mencetak 34 gol. Namun, di musim ini pemain internasional Argentina ini tampil jauh lebih tajam. Total, 50 gol sukses dibukukan Messiah di semua ajang yang dimainkannya.







Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid menekuk Levante 4-2 membuat nama sang pemain kini semakin kokoh memimpin daftar klasemen peraih sepatu emas meninggalkan pesaing-pesaingnya, termasuk Lionel Messi. Saat CR7 mencetak 3 gol, Messi justru gagal menorehkan gol. Sedangkan striker Manchester United, Wayne Rooney kembali meramaikan persaingan dengan torehan 2 golnya saat MU menekuk Liverpool 2-1. Wazza kini berada di peringkat 8. Ronaldo total mengoleksi 54 poin atau unggul delapan poin dari Lionel Messi dan striker Tran Narva, Aleksandrs Cekulajevs. Namun striker asal Latvia ini tak lagi menjadi ancaman setelah Liga Estonia berakhir.





Adrian Lopez berhasil mengantar Spanyol menjuarai Euro U-21. Tak hanya itu, lima gol yang dia cetak selama turnamen mengantarkannya meraih sepatu emas alias gelar top skorer.

Penampilan gemilang membuat jalan Adrian untuk hijrah klub terbuka. Ia tidak perlu “ikut” dengan Deportivo La Coruna yang degradasi ke Segunda musim depan usai pemain 23 tahun itu menerima pinangan Atletico Madrid.





Thomas Mueller tidak menyangka akan meraih penghargaan Sepatu Emas di Piala Dunia 2010. Ia juga gembira karena bisa menjadi pemain muda terbaik di ajang tersebut. Meski baru pertama kali tampil di Piala Dunia, Mueller bermain brilian selama membela Jerman di turnamen tersebut. Striker Bayern Muenchen itu mencetak lima gol dan tiga assists sehingga mendapatkan poin paling besar. Mueller pun kaget karena pada akhirnya ia dipilih menjadi top scorer mengalahkan pemain senior, seperti David Villa, Wesley Sneijder, dan Diego Forlan.

Mueller yang akan berusia 21 tahun pada September nanti juga diganjar penghargaan pemain muda terbaik oleh FIFA, mengikuti jejak seniornya, Lukas Podolski. “Sebuah kehormatan besar menjadi bagian dalam sebuah grup yang terdiri dari orang-orang seperti Pele, Franz Beckenbauer, Michael Owen, dan pemenang terakhir, Lukas Podolski,” kata Mueller yang mengalahkan Giovannis dos Santos (Meksiko) dan Andre Ayew (Ghana) dalam perebutan gelar pemain muda terbaik.

http://gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar